2.1 Pengertian
Afeksi, Emosi, dan Suasana Hati
Ketiga
hal ini sangat berkaitan yang mana :
Afeksi
(affect) adalah istilah umum yang mencakup kisaran yang luas dari perasaan yang
dialami seseorang, meliputi emosi maupun suasana hati. Emosi (emotion) adalah perasaan intens yang diarahkan pada
seseorang atau sesuatu. Suasana Hati
(Mood) adalah perasaan yang kurang intens dibandingkan emosi dan sering
(meskipun tidak selalu) muncul tanpa sebuah peristiwa spesifik sebagai
stimulus.
2.1
Beberapa
aspek Emosi dan Suasana Hati
Terdapat
beberapa aspek fundamental lainnya dari emosi yang harus dipertimbangkan yaitu
:
a.
Biologi Emosi
Adalah
semua emosi berasal dari sistem limbik otak yang kira-kira
berukuran sebesar sebuah kacang walnut dan terletak di batang otak.
Orang-orang cenderung merasa bahagia ketika sistem limbik mereka secara relatif
tidak aktif. Sistem limbik orang tidaklah sama. Sistem limbik yang lebih aktif
terdapat pada orang-orang yang depresi, khususnya ketika mereka memperoleh informasi
negatif.
b.
Intensitas
Adalah
setiap orang memberikan respon yang berbeda-beda terhadap rangsangan pemicu emosi
yang sama. Dalam sejumlah kasus, kepribadian
menjadi penyebab perbedaan tersebut. Pada saat lain, perbedaan tersebut timbul
sebagai hasil dari persyaratan-persyaratan pekerjaan.
c.
Frekuensi dan durasi
Adalah
Suksesnya pemenuhan tuntutan emosional seorang karyawan
dari suatu pekerjaan tidak hanya bergantung pada emosi-emosi yang harus
ditampilkan dan intensitasnya tetapi juga pada seberapa sering dan lamanya
mereka berusaha menampilkannya.
d.
Emosi membuat kita
irasional
Emosi
adalah penting terhadap pemikiran rasional karena emosi memberikan informasi
penting mengenai pemahaman terhadap dunia sekitar. Dalam suatu organisasi,
kunci pengambilan keputusan yang baik adalah menerapkan pemikiran dan perasaan
dalam suatu keputusan.
e.
Fungsi emosi
Dalam
”The Expression of the Emotions in Man and Animals”, Charles
Darwin menyatakan bahwa emosi berkembang seiring waktu untuk
membantu manusia memecahkan masalah. Emosi sangat berguna karena ‘memotivasi’
orang untuk terlibat dalam tindakan penting agar data bertahan hidup tindakan –
tindakan seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih
pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa, dan memprediksi perilaku. Emosi
sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia. manusia
lain.
2.2
Aplikasi
perilaku organisasi terhadap Emosi dan Suasana Hati
Kita
dapat melihat bagaimana manajer dapat mempengaruhi suasana hati karyawannya,
ada beberapa aplikasi yaitu :
a.
Seleksi
Salah
satu implikasi dari bukti uji kecerdasan emosional sampai saat ini adalah bahwa
pemberi kerja seharusnya mempertimbangkan sebagai sebuah faktor dalam merekrut
pekerja, khususnya untuk pekerjaan yang menuntut tingkat interaksi sosial yang
tinggi.
b.
Pengambilan Keputusan
Suasana
hati dan emosi positif tampaknya membantu orang mengambil keputusan yang baik.
Orang – orang yang dalam suasana hati yang baik atau mengalami emosi positif
lebih mungkin dibandingkan yang lain untuk menggunakan pengalaman untuk
mengambil keputusan yang cepat. Emosi positif juga meningkatkan keahlian
memecahkan masalah, sehingga orang – orang positif menemukan solusi – solusi
masalah yang baik.
c.
Kreativitas
Orang
– orang dalam suasana hati baik cenderung lebih kreatif daripada orang dalam
suasana hati buruk. Mereka menghasilkan banyak ide dan pilihan, dan yang lain
berpikir ide mereka orisinal.
d.
Motivasi
Seorang
penelitian telah menegaskan pentingnya suasana hati dan emosi pada motivasi.
Sebuah penelitian yang meminta dua kelompok orang untuk memecahkan sejumlah
teka teki kata-kata. Dan hasilnya kelompok dengan suasana hati positif
melaporkan ekspektasi yang lebih tinggi untuk dapat memecahkan teka-teki
tersebut, berusaha lebih keras, dan sebagai hasilnya dapat memecahkan lebih
banyak teka-teki.
e.
Kepemimpinan
Kemampuan
untuk memimpin orang lain adalah sebuah kualitas fundamental yang dicari
organisasi – organisasi dalam karyawan mereka. Para pemimpin yang efektif
mengandalkan daya tarik emosional untuk membantu menyampaikan pesan-pesan
mereka. Bahkan ekspresi, emosi dalam pidato sering kali merupakan elemen
penting yang membuat kita menerima atau menolak pesan seorang pemimpin. Ketika
para pemimpin bersemangat, antusias dan aktif mereka lebih mungkin untuk
memberi energi pada bawahan-bawahan mereka dan menyampaikan rasa efektifitas,
kompetensi, optimisme dan kegembiraan.
f.
Negosiasi
Adalah
sebuah proses emosional, namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa
negosiator yang berpura-pura marah memiliki keuntungan atas lawan mereka.
Ketika seorang negosiator menunjukkan kemarahan, lawan menyimpulkan bahwa
negosiator tersebut telah menyerahkan semua yang ia dapat dan dengan demikian
lawan menyerah. Menunjukkan sebuah emosi negatif dapat saja efektif, tetapi
berperasaan buruk terhadap penampilan anda tampaknya merugikan negosiasi-negosiasi
di masa depan.
g.
Pelayanan Pelanggan
Keadaan
emosional seorang pekerja mempengaruhi pelayanan pelanggan, yang berpengaruh
terhadap tingkat pengulangan bisnis dan tingkat kepuasan pelanggan. Pemberian
pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan membuat karyawan menuntut banyak
hal karena mereka sering berada dalam situasi disonansi emosional. Seiring
waktu, keadaan ini dapat menyebabkan kepatuhan mental atau fisik dalam
pekerjaan, penurunan kinerja, dan rendahnya kepuasan kerja.
h.
Sikap Kerja
Beberapa
penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mempunyai hari baik di tempat
kerja, cenderung berada dalam suasana hati yang lebih baik di rumah pada
malamnya. Sebaliknya orang-orang yang mengalami hari buruk di tempat kerja,
maka cenderung berada di suasana hati yang buruk pula saat di rumah. Meskipun
orang-orang orang-orang secara emosional membawa pulang pekerjaan mereka ke
rumah pada hari berikutnya, pengaruh tersebut biasanya telah hilang.
i.
Perilaku Menyimpang di
tempat kerja
Emosi-emosi
negatif juga dapat membawa perilaku menyimpang di tempat kerja. Siapa pun yang
pernah menghabiskan banyak waktu dalam sebuah organisasi menyadari bahwa
orang-orang sering kali berperilaku dalam cara-cara yang melanggar norma –
norma yang ada dan mengancam organisasi, anggotanya atau keduanya. Bukti yang
ada menyatakan bahwa orang-orang yang menyatakan emosi negatif khususnya mereka
merasa marah atau mempunyai sikap bermusuhan lebih berkemungkinan untuk
terlibat dalam berperilaku menyimpang di tempat kerja daripada orang-orang yang
tidak merasakan emosi-emosi negatif.
j.
Keselamatan dan cedera
di tempat kerja
Riset
yang menghubungkan efektivitas negatif pada meningkatnya cedera di tempat kerja
menyatakan bahwa pemberi kerja dapat meningkatkan kesehatan dan keselamatan
(dan mengurangi biaya) dengan menjamin pekerja tidak terlibat dalam aktivitas
yang berpotensi bahaya ketika berada dalam suasana hati buruk.
k.
Bagaimana Manajer dapat
memengaruhi Suasana Hati
Untuk
memperbaiki suasana hati karyawan, para manajer dapat menggunakan humor dan
memberi karyawan mereka penghargaan kecil sebagai apresiasi terhadap pekerjaan
yang dilaksanakan dengan baik. Selain itu riset mengindikasikan bahwa ketika
para pemimpin berada dalam suasana hati yang baik, anggota kelompok menjadi
lebih positif dan sebagai hasilnya para anggota akan lebih bekerja sama.
2.3
Sumber-sumber
Emosi dan Suasana Hati
Berikut
merupakan contoh dari beberapa sumber-sumber yang mempengaruhi dalam emosi dan
suasana hati antara lain :
a.
Kepribadian
Kepribadian
memberi kecenderungan kepada seseorang untuk mengalami emosi dan suasana hati
tertentu. Sebagian besar orang mempunyai kecenderungan tetap untuk mengalami
suasana hati dan emosi tertentu lebih sering dibandingkan orang lain.
b.
Hari dalam Seminggu dan
Waktu dalam Sehari
Orang-orang
cenderung berada dalam suasana hati terburuk (afek tertinggi dan afek positif
rendah) di awal Minggu dan berada dalam suasana hati terbaik (afek positif
tertinggi dan afek negatif terendah) di akhir Minggu. Orang-orang biasanya
berada dalam semangat lebih rendah pada awal pagi. Suasana hati cenderung
meningkat dan kemudian menurun pada malam hari.
c.
Cuaca
Cuaca
memberikan sedikit pengaruh terhadap suasana hati. Korelasi ilusif menjelaskan
mengapa orang cenderung berpikir bahwa cuaca yang menyenangkan meningkatkan
suasana hati mereka. Korelasi ilusif terjadi ketika orang mengasosiasikan dua
kejadian yang pada kenyataannya tidak memiliki sebuah korelasi.
d.
Stres
Tingkat
stres dan ketegangan yang menumpuk di tempat kerja dapat memperburuk suasana
hati karyawan, sehingga menyebabkan mereka mengalami lebih banyak emosi
negatif.
e.
Aktivitas Sosial
Aktivitas
sosial bersifat fisik , informal, atau Epicurean (makan bersama orang
lain) lebih diasosiasikan kuat dengan peningkatan suasana hati yang positif di bandingkan
kejadian-kejadian formal atau yang bersifat duduk terus-menerus.
f.
Tidur
Kurang
tidur pada malam sebelumnya memperburuk kepuasan kerja seseorang pada hari
berikutnya, karena sebagian besar orang merasa lelah, cepat marah, dan kurang
waspada.
g.
Olahraga
Terapi
olahraga berpengaruh paling kuat terhadap mereka yang mengalami depresi.
Walaupun olahraga berpengaruh secara konsisten terhadap suasana hati, tetapi
tidak terlalu kuat. Jadi, olahraga dapat membantu anda berada dalam suasana
hati yang lebih baik, tetapi jangan mengharapkan mukjizat.
h.
Usia
Emosi
negatif tampaknya semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia seseorang.
Bagi seseorang yang lebih tua, suasana hati positif yang tinggi bertahan lebih
lama dan suasana hati yang buruk menghilang dengan lebih cepat.
i.
Gender
Dalam
perbandingan antar Gender, wanita menunjukkan ekspresi emosional yang lebih
besar dibandingkan pria, mereka mengalami emosi lebih intens dan mereka
menunjukkan ekspresi emosi positif maupun negatif yang lebih sering, kecuali
kemarahan.
2.4
Kecerdasan
Emosional
Kecerdasan
emosional telah menjadi sebuah konsep yang kontroversial dalam perilaku ke organisasian,
dengan adanya faktor pendukung dan penentang di dalamnya, antara lain :
1. Kasus yang mendukung
untuk Kecerdasan Emosional
Memberikan
argumen yang mendukung kecerdasan emosional, yaitu :
a.
Daya Tarik Intuitif
Adalah
intuisi menyatakan orang yang dapat mendeteksi emosi orang lain, mengendalikan
emosinya sendiri, dan mengendalikan interaksi sosial dengan baik, memiliki
posisi yang kuat dalam dunia bisnis.
b.
Kecerdasan Emosional
memprediksi kriteria yang berarti
Bukti
menyatakan level tinggi kecerdasan emosional berarti seseorang akan berkinerja
baik dalam pekerjaannya.
c.
Kecerdasan Emosional
berdasarkan Biologi
Dalam
sebuah studi, orang – orang dengan kerusakan di area otak yang mengatur
pemrosesan emosional (bagian korteks prefrontal) memiliki skor tidak lebih
rendah dalam ukuran standar kecerdasan daripada orang tanpa kerusakan yang
sama.
2. Kasus yang bertentangan
dengan Kecerdasan Emosional
Beberapa
kritik mengenai kecerdasan emosional antara lain :
a.
Para peneliti
kecerdasan emosional tidak sepakat tentang definisi
Maksudnya
Adalah ini merupakan perspektif atas kecerdasan emosional yang berdasarkan
kemampuan.
b.
Kecerdasan emosional tidak
dapat diukur
Hal
ini dikarenakan mereka berpendapat bahwa kecerdasan emosional adalah sebuah
bentuk inteligensia.
c.
Kecerdasan emosional
tidak lebih dari sekedar kepribadian dengan label berbeda
Karena kecerdasan emosional sangat erat
kaitannya dengan intervensi dan kepribadian, sekali anda mengendalikan faktor –
faktor ini, tidak lagi hal unik yang ditawarkan.STUDY KASUS
eBay Inc adalah ajang pasar online dunia di mana
pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Perusahaan ini
bermarkas di San Jose, California dan berdiri pada tahun 1995. Perusahaan ini
memiliki website dalam banyak bahasa di dunia yang dapat memberikan pelayanan
ke seluruh dunia.
Awal berdirinya perusahaan ini ditandai dengan
didirikannya AuctionWeb pada tanggal 5 September 1995 oleh seorang programmer
komputer Pierre Omidyar. Situs ini awalnya merupakan situs pribadi. Namun
kemudian situs ini mampu menjual item pertamanya adalah pointer laser yang
rusak dengan harga $ 14,83.
Jadilah eBay yang awalnya hanya dijadikan sebagai hobi
oleh sang pendirinya. Hingga pada suatu saat internet service provider-nya
mengatakan bahwa dia perlu meng-upgrade situsnya menjadi akun bisnis karena
tingginya jumlah lalu lintas ke situs web. Dengan di upgrade nya situs ini dan
mengakibatkan kenaikan harga (dari $ 30/bulan sampai $ 250), akhirnya memaksa
Omidyar untuk mulai mengisi situsnya. Ia akhirnya mempekerjakan Chris Agarpao
sebagai karyawan pertama eBay yang menangani jumlah cek yang datang untuk
dibayarkan.
Pada tanggal 20 Desember 2010, eBay mengumumkan
akuisisi sebuah klub online shopping, brands4friends.de, seharga 150.000.000 €
($ 197 juta) untuk memperkuat posisi perusahaan dalam industri fashion di
Eropa. Kini situs ini memiliki 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan
menjadi pasar online terbesar di dunia di mana para penggunanya bisa membeli
dan menjual apa saja.
Meg Whitman, CEO eBay, adalah seorang pemimpin
dengan kecerdasan emosional tinggi. Sejak pendiri eBay Pierre Omidyar memilih
Whitman untuk mengubah perusahaan barunya menjadi perusahaan global, ia muncul
sebagai seorang bintang dalam sebuah pekerjaan yang menuntut interaksi sosial
dengan para karyawan, pelanggan, dan pemimpin politik di seluruh dunia. Whitman
dideskripsikan sebagai seseorang yang percaya diri tetapi rendah hati, dapat
dipercaya, sensitif secara kultural, serta ahli membangun tim dan memimpin
perubahan. Diperlihatkan di sini, Whitman menyambut Gloria Arroyo, presiden
Fhilipina, salah satu negara di mana eBay mempunyai situs lelang, saat
berkunjung ke markas pusat eBay. Referensi
Stephen
P. Robbins and Timothy A. Judge. Perilaku
Organisasi : Organizational Behavior
Edisi 16. Jakarta:
Salemba Empat, 2015.
Stephen
P. Robbins and Timothy A. Judge. Perilaku
Organisasi : Organizational Behavior
Buku 1 Edisi 12.
Jakarta: Salemba Empat, 2012.
Izin ya admin..:)
BalasHapusYuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353