Sistem
Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil
keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang
diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
|
a. Tujuan Umum
- Menyediakan
informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk,
dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan
informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian,
pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan
informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan
pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi
manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi
manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan
masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam
dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian
dan pengambilan keputusan).
b. Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
- Perencanaan,
formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah
aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan
mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
· Pengendalian,
perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus
memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana
mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
- Pengambilan
Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan
jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih
diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang
dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar
serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian
c. Bagian
SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
- Sistem informasi akuntansi(accounting information systems),
menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
- Sistem
informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan
informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran,
kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan
dengan pemasaran.
- Sistem
informasi manajemen persediaan (inventory management information
systems).
- Sistem
informasi personalia (personal information systems).
- Sistem
informasi distribusi (distribution information systems).
- Sistem
informasi pembelian (purchasing information systems).
- Sistem
informasi kekayaan (treasury information systems).
- Sistem
informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
- Sistem
informasi penelitian dan pengembangan (research and development
information systems).
- Sistem
informasi analisis software
- Sistem
informasi teknik (engineering information systems).
Apa yang dimaksud dengan informasi?
Informasi merupakan fakta, kejadian,
statistik atau bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan mempunyai arti,
bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk keperluan/pekerjaantertentu.Data
pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat
dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
a. Data, Information & Knowledge
Data merupakan deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan
transaksi yang dicatat, diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu
pengorganisasian sebelumnya.Knowledge (pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau
informasi yang telah diorganisasikan dan diproses sehingga memberi pemahaman,
pengalaman, pembelajaran, dan keahlian tertentu yang dapat diaplikasikan pada
masalah bisnis yang dihadapi.
b. Informasi dalam Proses Bisnis Industri
Manufaktur
Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi?
berbagai teknologi (utamanya computer-based tool)
yang digunakan manusia untuk bekerja dengan informasi dan mendukung pemenuhan
kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi suatu organisasi
Istilah umum yang menunjukkan berbagai teknologi
yang membantu pengumpulan, penyimpanan, manipulasi/analisis, produksi,
komunikasi, dan penyebaran informasi.
c. Mencapai kesuksesan bisnis melalui
Teknologi Informasi
Manusia menggunakan teknologi informasiuntuk
bekerja dengan informasi,teknologi informasi merupakan faktor penting dalam
kesuksesan dan inovasi bisnis
3. Sistem Informasi dan dukungannya pada bisnis
a.
Informasi merupakan fakta, kejadian, statistik atau
bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau
bermanfaat bagi seseorang untuk keperluan/pekerjaan tertentu.
b.
Data pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga
menjadi informasi yang dapat dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
c.
Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen yang saling
berhubungan (terintegrasi), yang mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan,
memproses, dan menyebarkan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan
tujuan lain, baik orang maupun organisasi.
Komponen
sistem informasi:
a.
Infrastruktur (teknologi informasi)
b.
SDM
c.
Prosedur
Secara teori, sistem informasi dapat berupa
lembaran kertas,dalam bahasan perkuliahan ini difokuskan pada sistem informasi
berbasis komputer (Computer-Based Information Systems/CBIS)Sistem informasi
yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan satu atau seluruh
tugasnya.
Komponen CBIS:
1.
Infrastruktur; Teknologi komputer
2.
Hardware
3.
Software
4.
Database system
5.
Computer network system
6.
SDM
7.
Prosedur
Tekanan Bisnis, Respon Organisasi,
dan Dukungan Teknologi Informasi
Lingkungan bisnis merupakan kombinasi dari faktor
sosial, legal, ekonomi, teknologi, dan politik yang mempengaruhi aktivitas
bisnis,Perubahan siginifikan pada faktor-faktor tersebut dapat menciptakan
tekanan bisnis kepada organisasi.Tiga macam tekanan bisnis yang dihadapi adalah
tekanan pasar (market), teknolog, dan sosial.
Respon Organisasi
Sistem Strategis; memungkinkan organisasi
meningkatkan pangsa pasar (market share) dan/atau profit.Fokus pada konsumen; memungkinkan
organisasi memberikan pelayanan konsumen yang sangat baik dan mencegah
berpindahnya konsumen ke kompetitor.Sistem “membuat berdasarkan pesanan”
(Make-to-Order); merupakan strategi untuk memproduksi produk dan layanan sesuai
dengan kebutuhan dan permintaan konsumenMass Customization; berproduksi dalam
jumlah besar, tetapi tetap memungkinkan customizing (penyesuaian) dengan
keinginan setiap konsumen.E-business dan E-commerce; strategi untuk menjalankan
bisnis secara elektronik
4.TELEKOMUNIKASI , INTERNET, DAN E –
BUSSINESSTelekomunikasi dan Sistem Jaringan
Jaringan komputer – dua atau lebih sistem
komputer yang saling terhubung dengan menggunakan kabel atau gelombang radio
dalam suatu area geografis tertentu, Jaringan komputer yang tidak menggunakan
kabel fisik disebut wireless
Manfaat Jaringan Komputer:
1.
Kemampuan berkomunikasi dan berbagi
2.
Menyimpan berbagai informasi pada suatu lokasi dalam
jaringan dan kemampuan mengaksesnya
3.
Memungkinkan orang berbagi informasi dan ide secara
mudah
4.
Mengkombinasikan kemampuan berbagai peralatan sebagai
media kolaborasi untuk menggabungkan kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa
batasan lokasi
5.
Kemampuan berkomunikasi dan berbagi
6.
Menyimpan berbagai informasi pada suatu lokasi dalam
jaringan dan kemampuan mengaksesnya
7.
Memungkinkan orang berbagi informasi dan ide secara
mudah
8.
Mengkombinasikan kemampuan berbagai peralatan sebagai
media kolaborasi untuk menggabungkan kemampuan orang-orang yang berbeda tanpa
batasan lokasi
Internet
Suatu jaringan yang terbentuk dari jutaan
jaringan pribadi yang lebih kecil yang masing-masing dapat bekerja independen
maupun secara bersama dalam jaringan.Jaringan yang menghubungkan jutaan
komputer dan pribadi di seluruh dunia.
a.
Intranet
Jaringan di dalam suatu organisasi yang menggunakan
teknologi Internet untuk menyediakan lingkungan dan kemampuan Internet di dalam
perusahaan untuk sharing informasi, komunikasi, kolaborasi, dan mendukung
proses bisnis
b.
Extranet
Hubungan jaringan yang menggunakan teknologi
Internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis dengan intranet dari
pelanggan, suppliers, atau business partners lainnya
Apa itu E-business?
Penggunaan teknologi Internet
Untuk bekerja dan membantu proses bisnis,
electronic commerce (e-commerce), dan kolaborasi perusahaan, Di dalam suatu
perusahaan dan dengan customer, supplier, dan business stakeholder lainnya.Pada
prinsipnya merupakan pertukaran nilai/manfaat secara online
Tujuh alasan utama membeli secara online:- Menghemat
waktu dengan tidak pergi ke pasar/toko
- Dapat
berbelanja saat toko tutup (available 24/7)
- Menghindari
keramaian dan kekacauan
- Kemungkinan
menemukan harga yang lebih baik
- Dapat
menemukan produk secara lebih mudah
- Dapat
menemukan produk yang tidak tersedia di toko
- Lebih mudah
membandingkan harga
5. SISTEM INFORMASI
Macam
dan Aplikasinya
Computer based information system (CBIS),suatu
kombinasi yang terorganisir dari, Hardware,sekumpulan perangkat keras.Software,
sekumpulan perangkat lunak. Data,sumber atau kumpulan data.Network,sistem
jaringan.Policies and procedures,sekumpulan kebijakan, posedur dan instruksi.People;
orang-orang yang bekerja,Yang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan
menyebarkan informasi di dalam organisasi
Lima fungsi dasar teknologi dan
sistem informasi (apa yang dilakukan)- Capture (menangkap)mendapatkan informasi
pada titik asalnya/terjadinya
- Cradle (menyangga) menyimpan informasi
- Create (menciptakan) memproses untuk
mendapatkan sesuatu yang baru
- Convey (menyampaikan) menyajikan
informasi dalam bentuk yang bermanfaat
- Communicate (mengkomunikasikan) mengirimnya
kepada orang lain
Definisi :Sistem informasi yang memproses data
yang dimunculkan dan digunakan dalam operasi bisnis,tujuannya adalah memproses
transaksi bisnis secara efisien, mengontrol proses industri, mendukung
komunikasi dan kolaborasi perusahaan, dan memperbaharui basis data perusahaan.
Macam-macam Operations Support
Systems
a. Transaction
Processing Systems (TPS)
Merekam dan memproses data dari transaksi bisnis
Contoh: pencatatan penjualan, sistem
inventori, sistem akuntansi
b. Process
Control Systems
Memonitor dan mengontrol proses-proses fisik
produksi
Contoh: dalam sistem penyulingan minyak
digunakan sensor untuk memonitor proses kimiawi yang terjadi
c. Enterprise
Collaboration Systems
Meningkatkan komunikasi tim maupun kelompok kerja
Contoh: e-mail, videoconferencing
d.
(Management Support Systems)
Sistem informasi yang berfokus
pada penyediaan informasi dan mendukung pengambilan keputusan yang efektif oleh
para manajer
Macam-macam Management Support Systems :
1.
Sistem Informasi Manajemen (Management Information
Systems/MIS)
Sistem informasi untuk fungsi
manajerial
a.
menyediakan
informasi dalam bentuk laporan dan tampilan yang telah ditentukan untuk
mendukung pengambilan keputusan bisnis
b.
Menyediakan informasi rutin untuk aktivitas
perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian (pengambilan keputusan) dalam
area fungsional. (Turban, 2004)
c.
Mendukung level manajemen
Contoh: laporan analisis penjualan harian,
laporan produksi
2.
Decision Support Systems (DSS)
a.
Menyediakan sistem interaktif yang bersifat sementara
untuk mendukung pengambilan keputusan
b.
Mengkombinasikan model analitis dan database untuk
menyelesaikan permasalahan
c.
Membantu pengambil keputusan atau manajer
Contoh: Prediksi hasil untuk menentukan
pengalokasian anggaran iklan
3.
Executive Information Systems (EIS)
Menyediakan
informasi penting bagi eksekutif dan manajer
Contoh:
akses informasi mengenai tindakan kompetitor
6. MANAJEMEN DATA
Saat ini, perusahaan bisnis tidak dapat bertahan maupun sukses tanpa data yang berkualitas mengenai operasi internal maupun lingkungan eksternal mereka.,Organisasi modern menyadari bahwa mengelola data dengan baik seperti halnya mereka mengelola aset berharga lainnya merupakan kunci sukses yang penting dalam pasar saat ini.
Manajemen data
Definisi:Aktivitas manajerial yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan data organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis mereka.
Permasalahan dengan pemrosesan data tradisional:
a.
Pengulangan Data – pengulangan data membutuhkan
pemutakhiran (update) pada semua file data tersebut yang disimpan.
b.
Kesulitan Integrasi Data – data yang disimpan dalam
file yang terpisah yang membutuhkan program output khusus menyebabkan kesulitan
dalam sistem pelaporan ad hoc.
c.
Ketergantungan Data – suatu program umumnya
menginformasikan bagaimana data disimpan sehingga perubahan format penyimpanan
membutuhkan perubahan program juga.
Pendekatan Database Management System (DBMS)Definisi:Mengkonsolidasikan pencatatan data ke dalam satu database yang dapat diakses dengan berbagai program aplikasi yang berbeda,Software interface antara users dan databases,data disimpan satu kali, dan terpisah dari program aplikasi
Database Application Programs
Fungsi:
1.
Membuat dan memproses forms
2.
Membuat dan mengirimkan queries
3.
Membuat dan memproses reports
4.
Mengeksekusi logika aplikasi
5.
Mengontrol aplikasi
MACAM MACAM DATABASE
a. Operational
– menyimpan data yang detail yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan
operasi perusahaan
b. Distributed
– database yang di ulang dan didistribusikan secara keseluruhan ataupun
sebagian ke server jaringan pada berbagai lokasi
c. External
– berisi banyak sekali informasi yang tersedia dari layanan online komersial
maupun dari berbagai sumber dalam World Wide Web
Definisi:Database berukuran besar
yang menyimpan data yang telah disarikan/disaring (extracted) dari berbagai
operational, external, dan database lain dalam organisasi
Data Mart
Definisi:Database yang menyimpan kumpulan
data tertentu dari sebuah data warehouse yang fokus pada aspek tertentu dalam
perusahaan, misalnya satu departemen atau satu proses bisnis
Data Mining
Definisi:Aktivitas analisis terhadap data
dalam suatu data warehouse untuk mendapatkan pola dan kecenderungan yang
tersembunyi dalam aktivitas bisnis masa lalu.
Komentar
Posting Komentar