PENGANTAR BISNIS : PEMASARAN BARANG DAN JASA (MARKETING OF GOODS AND SERVICES)

A.PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga, memperomosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

B.KONSEP DASAR PEMASARAN
Konsep dasar pemasaran ini bermula dari kenyataan bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki kebutuhan dan keinginan .untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut . kebutuhan manusia adalah sesuatu yang dirasa kurang. Kebutuhan ini tidak dapat diciptakan oleh masyarakat atau oleh pemasar . oleh karna itu kebutuhan tidak dapat dipaksakan oleh para pemasar agar orang menjadi membutuhkan.
Keinginan adalah sesuatu yang dirasa kurang karena lingkungan . keinginan manusia sifatnya tidak terbatas , tetapi alat pemuasnya terbatas sehingga tugas pemasar adalah memecahkan masalah konsumen agar keinginanya menjadi kenyataan.
Permintaan adalah keinginan disertai dengan daya beli atau keinginan yang berubah menjadi permintaan . 

C. MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasar dan pasar
Definisi dari pemasaran adalah semua kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya melalui peruses pertukaran .peroses pertukaran ini melibatkan kerja dimana penjual harus mencari pembeli untuk memenuhi kebutuhan mereka , merancang produk yang tepat , menentukan harga yang tepat , memperomosikan produk tersebut . semua kegiatan tersebut merupakan nilai penting dari pemasaran.
Pemasar adalah seorang karyawan perusahaan yang terlibat dalam kegiatan pemasaran yaitu mencari informasi , menganalisis , merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi secara terus menerus kegiatan tersebut .
 Jadi Manajemen pemasaran adalah analisis , perencanaan , penerapan , dan pengendalian terhadap program yang dirancang untuk menciptakan , membangun , dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi. Terhadap lima konsep yang berkaitan satu sama lain , yang merupakan landasan bagi kegiatan pemasaran perusahaan .

D. LIMA KONSEP DALAM PEMASARAN
konsep produksi . konsep ini mengemukakan bahwa para pelanggan akan menyukai produk yang tersedia secara luas dan harganya murah .
konsep produk. Konsep ini bependapat bahwa para konsumen akan menyukai produk yang memberikan kualitas , penampilan ,yang terbaik.
konsep penjualan. Konsep ini berpendapat bahwa para konsumen , jika dibiarkan sendiri , biasanya tidak akan membeli produk dari perusahaan tersebut.
konsep pemasaran. Konsumen akan puas bila kebutuhan dan keinginan dipenuhi terus menerus .
konsep pemasaran sosial. Konsumen akan puas bila perusahaan memperhatikan kesejahteraan konsumen dan lingkungannya.

E. PROSES MANAJEMEN PEMASARAN 
Untuk melaksanakan peranan pemasaran dalam perusahaan manajer pemasaran menempuh suatu proses yang disebut proses manajemen pemasaran. Proses manajemen pemasaran terdiri dari analisis peluang – peluang pasar , prilaku konsumen, segmentasi , pemilihan pasar , pengembangan stategi pasar, penempatan produk , perencanaan taktik , organisasi , pelaksanaan , dan pengambilan pemasaran . informasi pemasaran  diperoleh dianalisis , kemudian digunakan untuk menyusun perencanaan , pelaksanaan , dan pengendaliaan.

F. STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran adalah sebuah pernyataan dasar tentang dampak yang ingin dicapai atas atas permintaan pada sebuah pasar tertentu yang dijadikan sasaran ( a target market ). Adapun pendekatan secra lebih rinci strategi – strategi tersebut melalui program – program pemasaran , seperti pengiklanan , , program – program promosi , program –program pengembangan produk , program penjualan serta distribusi.

G.PERENCANAAN STRATEGI
Perencanaan strategi adalah proses dimana dilakukannya penyeleksian tujuan – tujuan sesuatau organisasi .
  
H. PEMASARAN PADA PERUSAHAAN JASA
seperti yang kita ketahui pemasaran biasanya hanya dihubungkan dengan penjualan produk fisik seperti buku , sabun , televise , sepeda , mobil dan sebgainnya . namun  pada saat ini pemasaran jasa sudah banyak dijalankan , jasa dipasaran dapat berupa ide , gagasan , tempat dan manusia , contohnya : perbankan , hotel, rumah sakit, notaris , pengacara , dan sebagainya.
Definisi jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak terwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu.

I.PENERAPAN KONSEP “MARKETING MIX” PADA PENJUALAN JASA
 Konsep pemasaran berorientasi kepada kepentinganserta kepuasan pembeli tanpa melupakan tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba dalam jangka panjang . keputusan dalam pemasaran dapat dikelompokan ke dalam empat strategi yaitu :
● Strategi  produk, perbedaan penjualan jasa dan penjualan peroduk dengan cirri fisik dan penampilannya dapat dilihat , sedangkan jasa tidak demikian
● strategi harga, harga dibidang pelayanan jasa selalu ‘standar’ atau tetap. Karna pelayanan jasa sulit untuk diukur dan dilukiskan .
● strategi promosi, strategi promosi dalam pelayanan jasa tidak semudah memperomosikan produk .
● strategi distribusi, distribusi mempunyai fungsi untuk memindahkan produk / jasa dari produsen ke konsumen ,sasaran distribusi jasa juga sama seperti produk  yaitu menentukan posisi keuntungan maksimum dalam jangka yang relative panjang.

J. LINGKUNGAN PEMASARAN

Lingkungan pemasaran sangat mempengaruhi perusahaan . lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan mikro terdiri dari pelaku dalam lingkungan dekat perusahaan yang mempengaruhi kesanggupan untuk melayani komponen yakni perusahaan. Lingkungan makro terdiri terdiri dari kekuatan masyarakat yang besar , yang mempengaruhi semua pelaku ndalam lingkungan mikro pemasaran yakni kekuatan demografis , ekonomi , alami, teknologi, hukum, politik, dan sosial budaya.

STUDY KASUS :

Nama produk              : sphagetti bolognese
Slogan                         : “RASA EROPA , HARGA INDONESIA”

Resep              :  1. Pasta
                  2. Daging sapi giling 1/4 kg
                  3. Tomat buah 4 biji, potong potong kecil
                  4. Bawang bombang 2 buah, kupas dan iris tipis.
                  5. Bawang puting 4 siung, ulek kasar
                  6. Garam
                  7. Merica
                  8. Minyak Goreng
                  11.keju parut
                 12. Saos tomat
                               13.saos sambal
                 14. 1 sdt gula pasir
Caranya Membuat:
1. Rebus pasta masukkan 1/2 sendok minyak, biar ga lengket. Bila sudah ngembang angkat dan tiriskan.
2. Bumbu
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombai sampai berubah warna, masukkan daging cincang tumis hingga berubah warna, masukkan garam dan merica secukupnya. Masukkan tomat yang sudh dipotong potong tadi, tumis hingga hancur dan menyatu dengan daging (kalo ga mau ribet tomat bisa di blender) masukkan gula, saos tomat dan bumbu lafont tumis hingga wangi
Tiriskan bumbu ke dalam wadah, sisakan sedikit. Tuang pasta yang sudah di rebus ke dalam wajan bekas menumis bumbu tadi. angkat tiriskan.
3. Siram bumbu pasta yang sudah di masak tadi ke atas Pasta.
4. Beri taburan keju parut di atasnya
● PEMASARAN
-          Strategi pemasaran yang akan saya lakukan adalah melalui media online , penyebaran brosur , penempelan bener dengan kemasan yang menarik.
● PENJUALAN
-          Strategi penjualan yang akan saya lakukan adalah membuka stand  
●PEMASARAN
-          Target pasar saya semua kalangan , tapi yang paling utama adalah remaja , dan wanita karna pasta dapat digunakan untuk diet dan penderita diabetes
-          Produk saya akan saya pasarkan di kota samarinda , karna menurut saya jangkauan pasar untuk wilayah Kalimantan relative gampang .

Kelebihan produk
1.mengenyangkan
2.sehat karna semua bahan yang digunakan tanpa pengawet.
3.lebih praktis




Kekurang produk
1.sulit menyesuikan dgn lidah masyarakat Indonesia
2. tidak sehat jika di konsumsi terus menerus

 Sumber :
Drs. irawan, M.B.A , Pemasaran edisi 2, BPFE-YOGYAKARTA 1996
Murti sumarni , John soeprihanto, Pengantar bisnis edisi tiga, Liberty, Yogyakarta 1987

Komentar