A.PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga,
memperomosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan,
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
B.KONSEP DASAR
PEMASARAN
Konsep dasar pemasaran ini bermula dari kenyataan
bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki kebutuhan dan keinginan .untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut . kebutuhan manusia adalah sesuatu
yang dirasa kurang. Kebutuhan ini tidak dapat diciptakan oleh masyarakat atau
oleh pemasar . oleh karna itu kebutuhan tidak dapat dipaksakan oleh para
pemasar agar orang menjadi membutuhkan.
Keinginan adalah sesuatu yang dirasa kurang karena
lingkungan . keinginan manusia sifatnya tidak terbatas , tetapi alat pemuasnya
terbatas sehingga tugas pemasar adalah memecahkan masalah konsumen agar
keinginanya menjadi kenyataan.
Permintaan adalah keinginan disertai dengan daya beli
atau keinginan yang berubah menjadi permintaan .
C. MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasar dan pasar
Definisi dari pemasaran adalah semua kegiatan manusia
yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya melalui peruses
pertukaran .peroses pertukaran ini melibatkan kerja dimana penjual harus
mencari pembeli untuk memenuhi kebutuhan mereka , merancang produk yang tepat ,
menentukan harga yang tepat , memperomosikan produk tersebut . semua kegiatan
tersebut merupakan nilai penting dari pemasaran.
Pemasar adalah seorang karyawan perusahaan yang
terlibat dalam kegiatan pemasaran yaitu mencari informasi , menganalisis ,
merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi secara terus menerus kegiatan
tersebut .
Jadi Manajemen
pemasaran adalah analisis , perencanaan , penerapan , dan pengendalian terhadap
program yang dirancang untuk menciptakan , membangun , dan mempertahankan
pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud
untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi. Terhadap lima konsep yang berkaitan
satu sama lain , yang merupakan landasan bagi kegiatan pemasaran perusahaan .
D. LIMA KONSEP DALAM
PEMASARAN
- konsep produksi . konsep ini
mengemukakan bahwa para pelanggan akan menyukai produk yang tersedia secara
luas dan harganya murah .
- konsep produk. Konsep ini bependapat
bahwa para konsumen akan menyukai produk yang memberikan kualitas , penampilan
,yang terbaik.
- konsep penjualan. Konsep ini berpendapat
bahwa para konsumen , jika dibiarkan sendiri , biasanya tidak akan membeli
produk dari perusahaan tersebut.
- konsep pemasaran. Konsumen akan puas
bila kebutuhan dan keinginan dipenuhi terus menerus .
- konsep pemasaran sosial. Konsumen akan
puas bila perusahaan memperhatikan kesejahteraan konsumen dan lingkungannya.
E. PROSES MANAJEMEN
PEMASARAN
Untuk melaksanakan peranan pemasaran dalam perusahaan
manajer pemasaran menempuh suatu proses yang disebut proses manajemen
pemasaran. Proses manajemen pemasaran terdiri dari analisis peluang – peluang
pasar , prilaku konsumen, segmentasi , pemilihan pasar , pengembangan stategi
pasar, penempatan produk , perencanaan taktik , organisasi , pelaksanaan , dan
pengambilan pemasaran . informasi pemasaran
diperoleh dianalisis , kemudian digunakan untuk menyusun perencanaan ,
pelaksanaan , dan pengendaliaan.
F. STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran adalah sebuah pernyataan dasar
tentang dampak yang ingin dicapai atas atas permintaan pada sebuah pasar
tertentu yang dijadikan sasaran ( a target market ). Adapun pendekatan secra
lebih rinci strategi – strategi tersebut melalui program – program pemasaran ,
seperti pengiklanan , , program – program promosi , program –program
pengembangan produk , program penjualan serta distribusi.
G.PERENCANAAN STRATEGI
Perencanaan strategi adalah proses dimana dilakukannya
penyeleksian tujuan – tujuan sesuatau organisasi .
H. PEMASARAN PADA
PERUSAHAAN JASA
seperti yang kita ketahui pemasaran biasanya hanya
dihubungkan dengan penjualan produk fisik seperti buku , sabun , televise ,
sepeda , mobil dan sebgainnya . namun pada saat ini pemasaran jasa sudah banyak
dijalankan , jasa dipasaran dapat berupa ide , gagasan , tempat dan manusia ,
contohnya : perbankan , hotel, rumah sakit, notaris , pengacara , dan
sebagainya.
Definisi jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang
dapat diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak
terwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu.
I.PENERAPAN KONSEP
“MARKETING MIX” PADA PENJUALAN JASA
Konsep
pemasaran berorientasi kepada kepentinganserta kepuasan pembeli tanpa melupakan
tujuan perusahaan untuk mendapatkan laba dalam jangka panjang . keputusan dalam
pemasaran dapat dikelompokan ke dalam empat strategi yaitu :
● Strategi produk, perbedaan penjualan jasa dan penjualan
peroduk dengan cirri fisik dan penampilannya dapat dilihat , sedangkan jasa
tidak demikian
● strategi harga, harga dibidang pelayanan jasa selalu
‘standar’ atau tetap. Karna pelayanan jasa sulit untuk diukur dan dilukiskan .
● strategi promosi, strategi promosi dalam pelayanan
jasa tidak semudah memperomosikan produk .
● strategi distribusi, distribusi mempunyai fungsi
untuk memindahkan produk / jasa dari produsen ke konsumen ,sasaran distribusi
jasa juga sama seperti produk yaitu
menentukan posisi keuntungan maksimum dalam jangka yang relative panjang.
J. LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan pemasaran sangat mempengaruhi perusahaan .
lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan mikro terdiri dari pelaku dalam
lingkungan dekat perusahaan yang mempengaruhi kesanggupan untuk melayani
komponen yakni perusahaan. Lingkungan makro terdiri terdiri dari kekuatan
masyarakat yang besar , yang mempengaruhi semua pelaku ndalam lingkungan mikro
pemasaran yakni kekuatan demografis , ekonomi , alami, teknologi, hukum,
politik, dan sosial budaya.
STUDY KASUS :
Nama produk : sphagetti bolognese
Slogan : “RASA EROPA , HARGA
INDONESIA”
Resep :
1. Pasta
2. Daging sapi giling 1/4 kg
3. Tomat buah 4 biji, potong potong kecil
4. Bawang bombang 2 buah, kupas dan iris tipis.
5. Bawang puting 4 siung, ulek kasar
6. Garam
7. Merica
8. Minyak Goreng
11.keju parut
12. Saos tomat
2. Daging sapi giling 1/4 kg
3. Tomat buah 4 biji, potong potong kecil
4. Bawang bombang 2 buah, kupas dan iris tipis.
5. Bawang puting 4 siung, ulek kasar
6. Garam
7. Merica
8. Minyak Goreng
11.keju parut
12. Saos tomat
13.saos sambal
14. 1 sdt gula pasir
Caranya Membuat:
1. Rebus pasta masukkan 1/2 sendok minyak, biar ga lengket. Bila sudah ngembang angkat dan tiriskan.
2. Bumbu
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombai sampai berubah warna, masukkan daging cincang tumis hingga berubah warna, masukkan garam dan merica secukupnya. Masukkan tomat yang sudh dipotong potong tadi, tumis hingga hancur dan menyatu dengan daging (kalo ga mau ribet tomat bisa di blender) masukkan gula, saos tomat dan bumbu lafont tumis hingga wangi
Tiriskan bumbu ke dalam wadah, sisakan sedikit. Tuang pasta yang sudah di rebus ke dalam wajan bekas menumis bumbu tadi. angkat tiriskan.
3. Siram bumbu pasta yang sudah di masak tadi ke atas Pasta.
4. Beri taburan keju parut di atasnya
14. 1 sdt gula pasir
Caranya Membuat:
1. Rebus pasta masukkan 1/2 sendok minyak, biar ga lengket. Bila sudah ngembang angkat dan tiriskan.
2. Bumbu
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombai sampai berubah warna, masukkan daging cincang tumis hingga berubah warna, masukkan garam dan merica secukupnya. Masukkan tomat yang sudh dipotong potong tadi, tumis hingga hancur dan menyatu dengan daging (kalo ga mau ribet tomat bisa di blender) masukkan gula, saos tomat dan bumbu lafont tumis hingga wangi
Tiriskan bumbu ke dalam wadah, sisakan sedikit. Tuang pasta yang sudah di rebus ke dalam wajan bekas menumis bumbu tadi. angkat tiriskan.
3. Siram bumbu pasta yang sudah di masak tadi ke atas Pasta.
4. Beri taburan keju parut di atasnya
● PEMASARAN
-
Strategi
pemasaran yang akan saya lakukan adalah melalui media online , penyebaran
brosur , penempelan bener dengan kemasan yang menarik.
● PENJUALAN
-
Strategi
penjualan yang akan saya lakukan adalah membuka stand
●PEMASARAN
-
Target
pasar saya semua kalangan , tapi yang paling utama adalah remaja , dan wanita
karna pasta dapat digunakan untuk diet dan penderita diabetes
-
Produk
saya akan saya pasarkan di kota samarinda , karna menurut saya jangkauan pasar
untuk wilayah Kalimantan relative gampang .
Kelebihan produk
1.mengenyangkan
2.sehat karna semua bahan yang digunakan tanpa
pengawet.
3.lebih praktis
|
Kekurang produk
1.sulit menyesuikan dgn lidah masyarakat Indonesia
2. tidak sehat jika di konsumsi terus menerus
|
Sumber :
Drs. irawan, M.B.A , Pemasaran edisi 2, BPFE-YOGYAKARTA
1996
Murti sumarni , John soeprihanto, Pengantar bisnis
edisi tiga, Liberty, Yogyakarta 1987
Komentar
Posting Komentar